Kelas adalah
bentuk penyederhanaan dari suatu permasalahan yang berkaitan dengan
objek. Maka
dari itu kelas dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang mempunyai data (sifat)
dan fungsi (kelakuan).
Kelas masih
bersifat abstrak maka dari itu kita harus melakukan instansiasi /instance (
contoh nyata dari peruwujudan) dari kelas tersebut juga sering disebut
dinamakan dengan objek. Sebagai contoh
manusia adalah suatu kelas, maka instance atau objek dari kelas manusia adalah
udin,dewi, sandra dan yang lainnya.
Public = tingkat akses ini berfungsi untuk memberikan hak akses secara umum (public) kepada kelas-kelas turununanya maupun terhadap lingkungan luar didalam program.
Private =
tingkat akses ini berguna untuk memberikan hak akses data hanya kepada kelas
yang bersangkutan saja, artinya kelas-kelas turunan ataupun lingkungan luar
didalam program tidak tidak diizinkan untuk mengakses data tersebut.
Disini kita akan membahas dengan
menggunakan instance kelas.
Adapaun bentuk umum pembuatan class
dengan instance adalah :
Class nama_kelas
{
public:
daftar
fungsi yang diturunkan;
daftar variabel;
-------
--------
};
Untuk
mendefinisikan atau membuat implementasi fungsi-fungsi yang terdapat dalam
sebuah kelas, kita menggunakan operator
: :
(tanda scope).
Berikut ini bentuk umum dari
pendefinisian fungsi tersebut :
nama_kelas:: nama_fungsi(daftar_parameter)
{
Statemen_yang_akan_dilakukan;
------
}
Sedangkan untuk
mengakses data atau fungsi yang terdapat didalam kelas tersebut, kita
menggunakan tanda titik, berikut ini bentuk umum dari proses pengaksesan data
atau fungsi dari sebuah kelas.
Nama_instance.nama_fungsi
Atau
Nama_instance.nama_fungsi(daftar_parameter)
1. Construktor
dan Destructor
Construktor
adalah sebuah fungsi yang otomatis akan dipanggil setiap kali melakukan
instansiasi terhadap suatu kelas. Construktor digunakan untuk melakukan
inisialisasi nilai dari data-data yang terdapat didalam kelas bersangkutan.
Sedangkan
destructor adalah fungsi yang merupakan kebalikan dari construktor, yaitu
berguna untuk menghancurkan atau membuang sebuah objek (kelas) dari
memori.
Adapaun nama
dari destructor sama dengan constructor hanya didepannya ditambahkan tanda
tilde (‘~’).
nice share gann... klo bisa tampilin skalian contoh programnya. TQ
ReplyDeletecontoh programnya plisssssssssss....
ReplyDelete