Thursday 8 May 2014

Kelas dan Objek di C++



Kelas adalah bentuk penyederhanaan dari suatu permasalahan yang berkaitan dengan
objek. Maka dari itu kelas dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang mempunyai data (sifat) dan fungsi (kelakuan).
Kelas masih bersifat abstrak maka dari itu kita harus melakukan instansiasi /instance ( contoh nyata dari peruwujudan) dari kelas tersebut juga sering disebut dinamakan dengan objek.  Sebagai contoh manusia adalah suatu kelas, maka instance atau objek dari kelas manusia adalah udin,dewi, sandra dan yang lainnya.

Public = tingkat akses ini berfungsi untuk memberikan hak akses secara umum (public) kepada kelas-kelas turununanya maupun terhadap lingkungan luar didalam program.
Private = tingkat akses ini berguna untuk memberikan hak akses data hanya kepada kelas yang bersangkutan saja, artinya kelas-kelas turunan ataupun lingkungan luar didalam program tidak tidak diizinkan untuk mengakses data tersebut.
Disini kita akan membahas dengan menggunakan instance kelas.
Adapaun bentuk umum pembuatan class dengan instance adalah :
Class nama_kelas
{
public:
     daftar fungsi yang diturunkan;
     daftar variabel;
-------
     --------
};
Untuk mendefinisikan atau membuat implementasi fungsi-fungsi yang terdapat dalam sebuah kelas,  kita menggunakan operator :  :  (tanda scope).
Berikut ini bentuk umum dari pendefinisian fungsi tersebut :
nama_kelas:: nama_fungsi(daftar_parameter)
{
Statemen_yang_akan_dilakukan;
------
}
Sedangkan untuk mengakses data atau fungsi yang terdapat didalam kelas tersebut, kita menggunakan tanda titik, berikut ini bentuk umum dari proses pengaksesan data atau fungsi dari sebuah kelas.
Nama_instance.nama_fungsi
Atau
Nama_instance.nama_fungsi(daftar_parameter)
1.      Construktor dan Destructor
Construktor adalah sebuah fungsi yang otomatis akan dipanggil setiap kali melakukan instansiasi terhadap suatu kelas. Construktor digunakan untuk melakukan inisialisasi nilai dari data-data yang terdapat didalam kelas bersangkutan.
Sedangkan destructor adalah fungsi yang merupakan kebalikan dari construktor, yaitu berguna untuk menghancurkan atau membuang sebuah objek (kelas) dari memori. 
Adapaun nama dari destructor sama dengan constructor hanya didepannya ditambahkan tanda tilde (‘~’).

2 comments:

  1. nice share gann... klo bisa tampilin skalian contoh programnya. TQ

    ReplyDelete
  2. contoh programnya plisssssssssss....

    ReplyDelete

Total Pageviews